Blog UPT PPKB Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung ini didedikasikan sebagai tempat menuangkan ide, gagasan dan kreatifitas penyuluh KB atau siapa saja yang mempunyai perhatian terhadap keberhasilan program KB nasional

Senin, 01 Juli 2013

Pembuatan Peta Keluarga di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Permasalahan akan informasi akurat perihal berapa jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) dan Peserta KB aktif serta tahapan keluarga sejahtera di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung tampaknya akan segera terjawab, UPT PPKB Kecamatan Paseh dalam akhir-akhir ini sedang melaksanakan pembuatan Peta Keluarga. Peta keluarga akan memuat informasi tentang hal tersebut diatas hingga tingkat Rukun Tetangga (RT).
Peta Keluarga tersebut berguna untuk mengetahui berapa jumlah PUS yang sedang hamil atau yang sedang menggunakan alat kontrasepsi (kesertaan ber-KB) serta bagaimana tahapan keluarga sejahtera, dengan memberikan keterangan warna pada peta. Dengan demikian, Petugas Lapangan KB (PLKB) bisa memonitor dan memantau dengan mudah hanya dengan melihat peta dimaksud.
Pelaksanaan teknis pembuatan peta keluarga di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dimulai pada awal Mei 2013 dengan melakukan sosialisasi/pelatihan bagi PLKB/TPD, Pos KB di tingkat kecamatan. serta sosialisasi/pelatihan di tingkat desa yang diikuti oleh PLKB/TPD, Pos KB dan Sub Pos KB. . 
Adapun sosialisasi yang diberikan adalah Tata Laksana Pengisian Formulir Peningkatan Kualitas Data berupa pengisian R/1/Kelg/JB/13 dan teknis pembuatan peta keluarga, R/1/Kelg/JB/13 ini merupakan acuan untuk menghasilkan Peta Keluarga dengan berbasis data berkualitas. Dimana Proses pelaksanaan pengisian data dilaksanakan oleh kader pendata/sub Pos KB kemudian dibuat peta keluarganya berdasarkan data tersebut. 

Suasana pelatihan di Desa Loa Kecamatan Paseh 














Contoh R/1/kelg/JB/13 dan Peta Keluarga di RT 01 Rw 01 Desa Loa kec. Pase

R/1/kelg/JB/13






Tidak ada komentar:

Bagi yang mau berpartisipasi dalam Blog ini baik tulisan, makalah tentang program KB dan Kependudukan silahkan kirimkan melalui email uptppkbpaseh@gmail.com,